ASKEP Pada Pasien Dengan Infeksi Neonatal

Posted by Unknown Kamis, 18 Juli 2013 0 komentar



BAB I

Pendahuluan

1.1     Latar belakang

Infeksi pada bayi baru lahir lebih sering ditemukan pada bayi yang lahir di rumah sakit dibandingkan pada bayi yang lahir diluar rumah sakit. Bayi baru lahir mendapat kekebalan (imunitas) trans plasenta terdapat kuman yang berasal dari ibunya. Sesudah lahir bayi terpapar dengan kuman sering juga berasal dari orang lain. Dalam hal ini bayi tidak mempunyai imunitas.

Infeksi pada bayi baru lahir cepat sekali menjalar menjadi infeksi umum, sehingga gejala infeksi lokal tidak menonjol lagi, diagnosis dini sering dibuat apabila petugas pelayanan kesehatan cukup waspada terhadap kelainan tingkah laku bayi baru lahir yang sering kali merupakan tanda awal infeksi umum. Beberapa gejala perubahan tingkah laku bayi baru lahir tersebut diantaranya ialah malas minum, gelisah atau mungkin tampak letargis, frekuensi pernafasan meningkat, berat badan tiba-tiba turun, muntah, dan diare. Selain itu dapat terjadi edema, sklerema pura-pura atau perdarahan. Ikterus, hepatosplenomegali dan kejang. Suhu tubuh dapat meninggi, normal atau dapat pula kurang dari normal.

Infeksi neonatus (bayi baru lahir) sering dijumpai, apalagi di daerah pedesaan dengan persalinan dukun beranak. Menghadapi keadaan demikian perawat/bidan harus mampu mengatasi dan segera melakukan rujukan sehingga bayi mendapat pengobatan yang cepat dan tepat. Penyakit infeksi ini dapat terjadi melalui :

·         Infeksi antenatal : terjadi sejak masih dalam kandungan

·         Infeksi intranatal : terjadi saat berlangsungnya persalinan

·         Infeksi postnatal : terjadi setelah bayi berada di luar kandungan

1.2  Rumusan Masalah

            Adapun permasalahan yang akan dibahas pada “KeperawatanMaternitas”. Untuk memberikan alasan makna  serta menghindari meluasnya makna dalam asuhan keperawatan ini, masalahnya dibatasi pada : “Asuhan Keperawatan Infeksi Neonatal”.

1.3  Tujuan

Tujuan dari asuhan keperawatan ini adalah sebagai gambaran tentang keadaan klien yang mungkin bagi perawat untuk merencanakan asuhan keperawatan infeksi neonatal.



DAFTAR PUSTAKA

Doengoes, Marilynn E, Mary frances Moorhouse. 2001. Rencana perawatan maternal/bayi : pedoman untuk perencanaan dan dokumentasi keperawatan keluarga. Jakarta : EGC.

Haws, Paulette S. 2007. Asuhan neonatus : rujukan cepat. Jakarta : EGC.

Manuaba, Ida Bagus Gde. 1998. Ilmu kebidanan penyakit KB untuk pendidikan Bidan. Jakarta : EGC.

Mitayani. 2009. Asuhan keperawatan maternitas. Jakarta : Salemba Medika.

Sudarti. 2010. Kelainan dan penyakit pada bayi dan anak. Yogyakarta : Nuha Medika

Yayasan Bina pustaka Sarwono Prawirohardjo. 2006. Buku awan nasional pelayanan kesehatan maternitas neonatal. Jakarta : Tridasa Printer.



Download selengkapnya click here
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: ASKEP Pada Pasien Dengan Infeksi Neonatal
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://doxarticle.blogspot.com/2013/07/askep-pada-pasien-dengan-infeksi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

close

Translate

Followers

Facebook Badge


Blog Stats