Makalah Kanker Ovarium

Posted by Muhammad Ridho Kamis, 18 Juli 2013 0 komentar

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Secara keseluruhan mayoritas massa ovarium bersifat jinak dan memiliki risiko seumur hidup untuk berkembang menjadi kanker ovarium sebesar 2%. Usia merupakan factor yang paling penting dalam menentukan risiko keganasan. Massa adneksa sering ditemukan selama usia reproduksi. Selama tahap kehidupan ini, massa tersebut biasanya disebabkan oleh kista ovarium fungsional, neoplasma ovarium jinak, atau perubahan pascainfeksi pada tuba fallopii. Pada anak perempuan yang berusia dibawah 20 tahun dan wanita diatas 50 tahun, 10% massa yang teraba bersifat ganas. Sekitar 85-90% kanker ovarium terjadi pada wanita pascamenopause.

Lebih dari 90% keganasan testis merupakan  tumor sel germinal, sedangkan 65-70% keganasan ovarium merupakan kanker sel epitel. Tumor sel germinal pada testis memiliki deteksi dini yang baik dan angka kesembuhan yang tinggi. Kanker sel epitel ovarium biasanya terdeteksi setelah terjadi penyebaran intraperitoneal luas. Pada saat tersebut, penyembuhan hamper tidak dapat terjadi.

1.2. Tujuan
1.       Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mendapatkan gambaran dan pengalaman yang nyata dalam memberikan asuhan keperawatan pada klien dengan kanker ovarium.

2.       Tujuan Khusus
a.       Melakukan pengkajian pada klien dengan kanker ovarium,
b.      Menentukan masalah keperawatan pada klien dengan kanker ovarium,
c.       Merencanakan asuhan keperawatan pada klien dengan kanker ovarium,
d.      Melaksanakan rencana asuhan keperawatan pada klien dengan kanker ovarium,
e.      Melaksanakan evaluasi keperawatan pada klien dengan kanker ovarium,
f.        Mengidentifikasi kesenjangan yang terdapat antara teori dan kasus,
g.       Mengidentifikasi faktor-faktor pendukung, penghambat serta mencari solusi/alternatif pemecahan masalah.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Definisi
Kanker indung telur atau kanker ovarium adalah tumor ganas pada ovarium (indung telur) yang paling sering ditemukan pada wanita berusia 50 – 70 tahun. Kanker  ovarium bisa menyebar ke bagian lain, panggul, dan perut melalui sistem getah bening dan melalui sistem pembuluh darah menyebar ke hati dan paru-paru. Kanker ovarium sangat sulit di diagnosa dan kemungkinan kanker ovarium ini merupakan awal dari banyak kanker primer. (Wingo, 1995)

Kanker indung telur adalah terjadinya pertumbuhan sel-sel yang tidak lazim (kanker) pada satu atau dua bagian indung telur (Conectique.com, 2008, diakses tanggal 14 Juni 2013)

2.2. Etiologi
Tidak jelas apa yang menyebabkan kanker ovarium. Secara umum, kanker dimulai ketika sel-sel sehat mengalami mutasi genetik yang mengubah sel normal menjadi sel abnormal. Sel sehat tumbuh dan berkembang biak pada tingkat yang ditetapkan, akhirnya mati pada waktu yang ditetapkan. Sel-sel kanker tumbuh dan berkembang di luar kendali, dan mereka tidak mati. Adanya akumulasi sel abnormal akan membentuk suatu massa (tumor). Sel kanker menginvasi jaringan terdekat dan dapat pecah dari tumor awal untuk menyebar ke tempat lain dalam tubuh (metastasis). Akan tetapi banyak teori yang menjelaskan tentang etiologi kanker ovarium, diantaranya:

1.       Hipotesis incessant ovulation
Teori menyatakan bahwa terjadi kerusakan pada sel-sel epitel ovarium untuk penyembuhan luka pada saat terjadi ovulasi. Proses penyembuhan sel-sel epitel yang terganggu dapat menimbulkan proses transformasi menjadi sel-sel tumor.

2.       Hipotesis androgen
Androgen mempunyai peran penting dalam terbentuknya kanker ovarium. Hal ini didasarkan pada hasil percobaan bahwa epitel ovarium mengandung reseptor androgen. Dalam percobaan in-vitro, androgen dapat menstimulasi pertumbuhan epitel ovarium normal dan sel-sel kanker ovarium.


 Download file asli (ms.word) click here
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Makalah Kanker Ovarium
Ditulis oleh Muhammad Ridho
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://doxarticle.blogspot.com/2013/07/makalah-kanker-ovarium.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

close

Translate

Followers

Facebook Badge


Blog Stats